Organisme yang berperan dalam bioteknologi berikut yang merupakan jenis jamur

Organisme yang berperan dalam bioteknologi berikut yang merupakan jenis jamur adalah neurospora crassa. Mengapa bisa begitu? Apakah berperan baik untuk kesehatan tubuh? Atau bahkan sebaliknya?

Organisme yang berperan dalam bioteknologi berikut yang merupakan jenis jamur ?

Untuk menjawab jenis pertanyaan diatas, ketahui dahulu materi tentang Bioteknologi.

Menurut informasi dari gokemedia Bioteknologi merupakan teknik modern untuk mengubah bahan mentah melalui proses transformasi biologi menjadi produk yang bermanfaat dan untuk meningkatkan kualitas genetik makhluk hidup.

Bioteknologi ini juga memanfaatkan fungi, bakteri ataupun enzim yang terdapat dalam makhluk hidup.

Seperti dalam pembuatan oncom jamur neurospora sitophila memiliki peran untuk menghasilkan enzim lipase, amilase dan protease yang dapat memecah lemak.

Sedangkan dalam pembuatan nata de coco memanfaatkan jenis bakteri acetobacter xylinum untuk membantu fermentasi.

Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa organisme yang berperan dalam bioteknologi berikut yang merupakan jenis jamur adalah neurospora crassa.

Contoh Produk Bioteknologi Konvensional

Yogurt merupakan minuman dari hasil fermentasi susu dengan menggunakan bioteknologi berupa bakteri streptococcus thermophillus atau lactobacillus bulgaricus yang mampu mengubah laktosa menjadi asam laktat.

Tidak hanya itu masih ada efek lain dari proses fermentasi tersebut seperti pecahnya protein pada susu yang mengakibatkan menjadi lebih kental, sehingga membuat yogurt terasa asam.

Hasil dari bioteknologi konvensional lainnya yaitu mentega.

Dalam proses pembuatan mentega memerlukan bioteknologi berupa bakteri streptococcus lactis untuk memisahkan krim susu agar menjadi lemak yang padat, sehingga siap untuk dikonsumsi.

Bioteknologi Modern Itu Apa?

Bioteknologi modern adalah sebuah teknik yang melibatkan rekayasa untuk menghasilkan organisme transgenetik dan rekombinan. Dengan tujuan untuk memperoleh produk yang diharapkan seperti antibiotik, vaksin, hormon dan bayi tabung.

Bioteknologi dapat diterapkan secara luas dalam berbagai bidang misalnya warna merah diaplikasikan pada dunia medis seperti untuk membuat vaksin dan obat, pengobatan regeneratif.

Sedangkan bioteknologi yang berwarna abu-abu diaplikasikan dalam bidang industri seperti memproduksi senyawa baru, pembuatan sumber energi terbarukan, memproduksi enzim untuk mengelola limbah.

Dari artikel diatas dapat disimpulkan bahwa organisme yang berperan dalam bioteknologi yang merupakan jenis jamur adalah neurospora crassa dalam pembuatan oncom. Bagaimana sudah jelaskan?